Kata Dokter Mengenai Bahayakah Ibu Hamil Sering Naik Sepeda Motor

pengaruh naik sepeda motor pada ibu hamil

Sepeda adalah kendaraan beroda dua atau tiga, mempunyai setang, tempat duduk, dan sepasang pengayuh yang digerakkan kaki untuk menjalankannya
Bersepeda adalah salah satu kegiatan yang menyehatkan. Selain menyenangkan bersepeda juga dapat membakar kalori. Namun bagaimana jadinya kalau ibu yang bersepeda adalah ibu hamil? Bolehkan ibu hamil naik sepeda?

Sebenarnya bersepeda bukan merupakan hal yang diharamkan untuk ibu hamil. Bahkan bersepeda mempunyai banyak manfaat seperti mengurangi resiko tekanan darah tinggi, diabetes dan depresi pasca-melahirkan. Bersepeda yang disarankan untuk ibu hamil adalah sepeda stasioner yang biasanya terdapat di gym, karena dapat memperkecil resiko jatuh.

Bersepeda juga dapat membantu membangun stamina dan kekuatan yang diperlukan saat persalinan, memperkuat otot-otot kaki dan pantat. Tiga puluh menit bersepeda atau bentuk lain dari latihan aerobik moderat hampir setiap hari dalam seminggu biasanya dianjurkan selama kehamilan.

Sepeda stasioner lebih baik daripada sebuah sepeda outdoor standar selama kehamilan, karena memberikan manfaat kardiovaskular dengan risiko yang jauh lebih rendah dari jatuh dan cedera dan trauma pada kandungan.

Lalu bagaimana dengan sepeda outdoor? Jika ibu hamil ingin melakukan sepeda outdoor berikut ini adalah tips agar sepeda outdoor untuk ibu hamil tidak banyak menimbulkan resiko yang dapat membahayakan janin.

apakah ibu hamil muda boleh naik sepeda motor

Jadi intinya, Apakah Boleh Ibu Hamil Naik Sepeda Motor?

Simak ulasan dibawah ini untuk catatan dan perhatian ya:

  1. Lakukan peregangan serta pemanasan terlebih dahulu sebelum bersepeda. Cukup dengan menggerakan kepala, bahu, tangan dan kaki anda selama 5 menit dengan perlahan.
  2. Periksa kondisi sepeda, pastikan semua kondisi aman. Pastikan rem sepeda anda berfungsi dengan baik, ban tidak bocor, dan ban luar sepeda anda tidak gundul.
  3. Gunakan sadel sepeda yang lebih lebar supaya bokong anda tidak cepat merasa sakit, serta aliran darah anda tidak tersumbat oleh tekanan tubuh yang berat.
  4. Usahakan bersepeda pada pagi hari ketika matahari belum terlalu panas, hal ini dilakukan agar tidak terjadi dehidrasi yang diakibatkan oleh kepanasan. Selain itu matahari pagi masih sangat bagus bagi kesehatan tulang anda.
  5. Minumlah air putih lebih dari biasanya. Hal tersebut dapat mempercepat dalam mengeluarkan panas di dalam tubuh yang diakibatkan karena meningkatnya kegiatan otot di dalam tubuh. Jika panas di dalam tubuh tidak segera dikeluarkan maka akan menimbulkan gangguan pada tulang belakang terutama jika kehamilan baru memasuki trimester pertama.
  6. Setelah selesai bersepeda sebaiknya menambah porsi makan. Melakukan olah raga bersepeda ini menghabiskan sekitar 150 hingga 200 kalori, sementara itu berat badan ibu yang sedang hamil di haruskan untuk terus bertambah, maka diharuskan juga untuk anda mengganti setiap kalori yang hilang ketika anda melakukan aktifitas bersepeda.
share post:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *